• Jumat, 30 September 2022

Dugaan Pelanggaran Hukum PT SMI Tak Kantongi IPPKH hingga Alamat Kantor di MODI ESDM Fiktif

- Rabu, 13 April 2022 | 21:22 WIB
Kantor PT. SMI yang terdaftar di MODi ESDM diduga Fiktif tak ada aktivitas
Kantor PT. SMI yang terdaftar di MODi ESDM diduga Fiktif tak ada aktivitas

SULTRARAYA.COM - Carut marut pertambangan di Sultra seakan tak ada habisnya, kali ini  PT. SMI salah satu perusahaan tambang yang beroperasi di Blok Marombo, Kecamatan Lasolo, Kabupaten Konawe Utara.

Perusahaan tersebut beberapa kali disoroti terkait dugaan aktivitas ilegal miningnya. Bahkan berdasarkan keterangan Dinas Kehutanan Sultra perusahaan tersebut tak memiliki IPPKH.

"Iya betul, itu (PT SMI) belum ada IPPKHnya. Belum ada entitas itu yang memiliki IPPKH", jelas Beni Raharjo saat ditemui di Kantornya Selasa 15 Maret 2022.

Baca Juga: Diduga Gara gara Korsleting Listrik Satu Rumah di Buton Hangus Dilahap Sijago Merah

Aktivitas perusahaan tersebut yang diduga dilakukan dilahan eks PT. TBA dan PT. BBS juga pernah disoroti sebelumnya oleh Jaringan Pemerhati Investasi Pertambangan (JPIP) pada Senin, 14 Maret 2022 kemarin  menggelar aksi unjuk rasa di Kantor Kejati Sultra agar segera menindak tegas direktur PT SMI karena diduga kuat telah melakukan aktivitas penambangan di lokasi eks PT Trisula Bumi Anoa (PT TBA) yaitu di Kecamatan Lasolo, Kabupaten Konawe Utara tanpa mengantongi IPPKH, padahal lokasi tersebut telah disegel oleh Polda Sultra pada tahun 2020 lalu.

Bahkan dalam penyegelan itu, pihak Polda Sultra berhasil mengamankan 23 tumpukan ore nickel kurang lebih 14.000 metrik ton beserta 9 unit alat berat dan 7 unit dump truk.

"Sejatinya, PT SMI harus diproses hukum, sebab telah berani melakukan aktivitas di lokasi tersebut tanpa mengantongi ijin pinjam pakai kawasan hutan," tegas Harbianto selaku jenderal lapangan dalam aksi tersebut.

Baca Juga: Gempar Warga Kendari Temukan Mayat Bayi Berumur 8 Bulan di Tahura Nipa Nipa

Selain itu saat Jurnalis berusaha mengkonfirmasi dan melakukan penelusuran terhadap kantor perusahaan tersebut sesuai alamat yang tertera di Modi ESDM.

Halaman:

Editor: Luthfi Badiul Oktaviya

Tags

Terkini

Terpopuler

X