• Jumat, 30 September 2022

JLP Sultra Duga Oknum PT Antam Bersekongkol dengan Penambang Liar di Blok Marombo Konawe Utara

- Kamis, 28 April 2022 | 15:17 WIB
Wawan Soenangkano Ketua Jaringan Lingkar Pertambangan Sultra (Dok. Pribadi)
Wawan Soenangkano Ketua Jaringan Lingkar Pertambangan Sultra (Dok. Pribadi)

SULTRARAYA.COM, KENDARI - Jaringan Lingkar Pertambangan (JLP) Sulawesi Tenggara (Sultra) menduga ada oknum PT. Antam yang bersekongkol dengan penambang liar di Blok Marombo Kabupaten Konawe Utara.

Pasalnya pihak PT Antam diduga melakukan kegiatan pembongkaran Jetty Malibu atau masyarakat yang berada di Wilayah Morombo Kecamatan Lasolo Kepulauan, Kabupaten Konawe Utara.

Wawan Sonoeangkano Ketua JLP Sultra menyayangkan tindakan yang dilakukan oleh tim management PT. Antam Tbk.

Baca Juga: Kejari Buton Tetapkan Tersangka Korupsi PDAM Buteng, Kerugian Negara Capai 3,2 Miliar

"Kami duga PT Antam site Konawe Utara semena-mena melakukan pembongkaran Jetti Masyarakat di Wilayah Morombo, yang dimana semestinya pembongkaran itu dilakukan untuk Jetty RMI yang di mana Jetty RMI ini kami duga digunakan sebagai akses pembongkaran ore nikel hasil penambangan plegal atau Penambangan Tanpa Izin (PETI)," kata Wawan.

Lanjut Wawan menyebutkan bahwa sebelumnya sudah dilakukan aksi tepatnya di kantor PT. Antam Perwakilan Konawe Utara, yang di mana tuntutan dari aksi itu meminta Tim Management PT. Antam Tbk.

"Kamu meminta PT. Antam Untuk membongkar Jetti RMI yang berada di dalam blok Antam, Wilayah Morombo, Kecamatan Lasolo Kepulauan, Kabupaten Konawe Utara. Dimana berdasarkan hasil pantauan kami, bahwa jetty tersebut menjadi akses bongkar muat Ore Nikel hasil rampokan para penambang liar. Namun anehnya, pada tanggal 24 April 2022 lalu Tim Management PT Antam malah membongkar Jetty Malibu. Sehingga terkait hal itu, menurut kami ada kesalahan dari tindakan Management perusahaan dalam mengambil sikap serta kami menduga bahwa PT. Antam sedang disusupi oleh oknum untuk mendapatkan keuntungan pribadi," bebernya

Baca Juga: Suasana Mencekam Selimuti BPBD Sultra, Simulator Pratikkan Situasi Gempa Bumi 7,5 SR

Ia juga menyesalkan pembongkaran Jetty Malibu yang dinilai salah sasaran.

Halaman:

Editor: Luthfi Badiul Oktaviya

Tags

Terkini

Terpopuler

X