• Jumat, 30 September 2022

Andi Nirwana Ungkapkan Sulitnya Tangani Kekerasan yang Pelakunya dari Keluarga

- Selasa, 19 April 2022 | 21:05 WIB
Anggota DPD RI, Hj. Andi Nirwana Sebbu, S.P., M.M
Anggota DPD RI, Hj. Andi Nirwana Sebbu, S.P., M.M

SULTRARAYA.COM - Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) Dapil Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Andi Nirwana Sebbu mengatakan kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak di Indonesia, termasuk di Sultra melonjak tinggi.

Andi Nirwana yang tergabung dalam komite III DPD RI bidang kesahatan, pendidikan, pemberdayaan perempuan dan pariwisata ini menyebutkan, tingginya angka kekerasan terhadap perempuan dan anak di Indonesia meningkat drastis selama tiga tahun terakhir sejak adanya pandemi Covid-19.

Menurut Andi Nirwana, yang sangat perlu di antisipasi pada kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak adalah pelaku yang berasal dari lingkungan keluarga korban. Pasalnya, pelaku kekerasan yang juga berstatus sebagai keluarga menyebabkan sulitnya identifikasi korban.

Baca Juga: Supir Mobil Akui Pasang Stiker Mobil Full Body Gambar KSK Akan dapat Percikan Dana Rp2 Juta

"Yang paling sulit itu adalah pelaku yang berasal dari keluarga sendiri, mau dibawa di Polisi serba salah. Jadi hampir semuanya diselesaikan secara damai," ungkap Andi Nirwana saat ditemui di salah satu restoran di Kota Kendari, Selasa malam (19/4/2022).

"Karena kalau pelakunya adalah keluarga, mau melapor mungkin malu, dianggapnya adalah aib keluarga, jadi banyak ditutupi," lanjutnya.

Mantan Anggota DPRD Bombana ini menjelaskan dalam mengatasi hal tersebut dirinya memiliki program untuk melakukan sosialisasi di tingkat Kabupaten/Kota terkait penanganan kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Baca Juga: KUPP Molawe Dinilai Sekongkol dengan Tiga Pemilik Kapal Tongkang yang Ditangkap Lanal Kendari

"Program ini untuk memberdayakan Satgas kekerasan terhadap perempuan dan anak, minimal tidak meningkat. Kita berusaha untuk mengurangi tapi hal terburuk supaya tidak bertambah," jelas Nirwana.

Halaman:

Editor: Luthfi Badiul Oktaviya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Agussalim Pimpin DPD PJI Sultra

Selasa, 27 September 2022 | 08:17 WIB

Terpopuler

X