• Jumat, 30 September 2022

Persiapan Simulasi Gempa, Pegawai BPBD Sultra Berlarian ke Luar Kantor

- Senin, 25 April 2022 | 19:49 WIB
Pegawai BPBD Provinsi Sultra berlarian ke luar kantor saat mempratikkan persiapan simulasi bencana alam gempa bumi
Pegawai BPBD Provinsi Sultra berlarian ke luar kantor saat mempratikkan persiapan simulasi bencana alam gempa bumi

SULTRARAYA.COM - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) melaksanakan persiapan simulasi tanggap darurat bencana alam gempa bumi pada Senin pagi (25/4/2022).

Pada persiapan simulasi tersebut, pegawai BPBD Provinsi Sultra berlarian ke luar kantor untuk mempraktikkan situasi saat terjadi bencana alam gempa bumi.

Sekertaris BPBD Provinsi Sultra, Andrian Nursalam mengatakan persiapan simulasi tanggap bencana alam gempa bumi tersebut dilaksanakan guna menyambut Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) yang akan diperingati tanggal 26 April 2022, besok.

Baca Juga: Konsolidasi Jelang Pemilu, Golkar Target Duduki 7 Kursi di Parlemen Kota Kendari

Menurut Andrian, simulasi yang dilaksanakan adalah rangkaian dari kegiatan penyusunan rencana kontigensi atau rencana peristiwa bencana. Penyusunan rencana kontigensi tersebut merupakan hasil dari identifikasi dan kajian terhadap suatu wilayah terkait potensi bencana yang kemungkinan terjadi.

"Sekaligus kita bisa menghitung atau mengukur kapasitas yang ada, termasuk personil ini peralatannya seperti apa," ungkap Andrian saat ditemui di BPBD sultra, Senin (25/4).

Berdasarkan penyelenggaraan kegiatan tersebut, pihaknya dapat melihat bagaimana sinergitas atau kolaborasi dari berbagai stakeholder yang ada terkait penanggulangan bencana.

Baca Juga: Bank Sultra Serahkan CSR untuk Bidang Keagamaan di 17 Kabupaten Kota

Selanjutnya, rencana kontinjensi tersebut akan diturunkan dalam sebuah bentuk dokumen yang dinamakan rencana operasional.

Halaman:

Editor: Luthfi Badiul Oktaviya

Tags

Terkini

Agussalim Pimpin DPD PJI Sultra

Selasa, 27 September 2022 | 08:17 WIB

Terpopuler

X