• Jumat, 30 September 2022

Suasana Mencekam Selimuti BPBD Sultra, Simulator Pratikkan Situasi Gempa Bumi 7,5 SR

- Rabu, 27 April 2022 | 12:44 WIB
Para simulator saat sedang mempraktikkan situasi bencana alam gempa bumi 7,5 SR di Pos Pengungsi
Para simulator saat sedang mempraktikkan situasi bencana alam gempa bumi 7,5 SR di Pos Pengungsi

SULTRARAYA.COM - Suasana mencekam menyelimuti kantor Dinas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) pada Selasa pagi (26/4/2022).

Suasana tersebut semakin haru saat simulator mempraktikkan bencana alam gempa bumi dengan kekuatan 7,5 Skala Richter (SR) yang menimpa masyarakat di Kabupaten Konawe, Konawe Utara dan Kota Kendari. 

Pada simulasi tersebut, terlihat ada korban meninggal dunia yang tertimpa reruntuhan bangunan, korban yang terjebak di bangunan tinggi dan korban selamat lainnya diungsikan di pos pengungsian. Pemerintah setempat kemudian sigap memberikan pertolongan kepada masyarakat. 

Sekertaris BPBD Sultra, Andrian Nursalam mengatakan simulasi tersebut dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) tahun 2022.

Baca Juga: Persiapan Simulasi Gempa, Pegawai BPBD Sultra Berlarian ke Luar Kantor

Upacara peringatan HKBN tahun 2022 tersebut dipimpin langsung oleh Gubernur Provinsi Sultra, Ali Mazi bertempat di pelataran kantor Dinas BPBD Sultra.

Simulator dilengkapi dengan alat yang dapat digunakan oleh Satuan Tugas (Satgas) penanganan bencana untuk menyelamatkan korban bencana seperti alat pembelah reruntuhan bangunan, alat untuk menurunkan korban dari bangunan tinggi, mobil ambulance, sirine untuk peringatan dan perlengkapan pendukung lainnya.

Selain itu, simulasi tersebut juga dilengkapi dengan posko bencana alam seperti posko pengungsian korban bencana alam, trauma healing centre, posko kesehatan, posko Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) serta backsound pendukung.

Baca Juga: Andi Nirwana Ungkapkan Sulitnya Tangani Kekerasan yang Pelakunya dari Keluarga

Halaman:

Editor: Luthfi Badiul Oktaviya

Tags

Terkini

Agussalim Pimpin DPD PJI Sultra

Selasa, 27 September 2022 | 08:17 WIB

Terpopuler

X