• Jumat, 30 September 2022

KM Cantika 168 Over Kapasitas Diduga Akibat Calo Tak Kordinasi dengan Penjual Tiket

- Sabtu, 30 April 2022 | 14:28 WIB
Penumpang yang memenuhi bagian atap KM Cantika 168
Penumpang yang memenuhi bagian atap KM Cantika 168

SULTRARAYA.COM - Menjelang Hari Raya Idulfitri 1443 Hijiriah, Kapal Motor (KM) Cantika 168 tujuan Kendari-Raha-Baubau membawa penumpang yang hendak mudik ke kampung halamannya dengan muatan over kapasitas, Sabtu siang (30/4/2022).

Berdasarkan pantauan Jurnalis Sultraraya.com, penyebab muatan over kapasitas KM Cantika 168 tersebut diduga karena calo yang tidak melakukan kordinasi dengan pihak penjualan tiket di Pelabuhan Nusantara Kendari.

Kepadatan penumpang di KM Cantika 168 hingga membuat sesak pemudik didalam kapal, selain itu penumpang juga memenuhi bagian atap kapal.

Baca Juga: Kapal Cepat Muat Pemudik Over Kapasitas, KSOP Kelas II Kendari Terkesan Tutup Mata

Seorang anggota TNI yang sedang berjaga di pintu kapal, Moh. Hidayat tampak kesal melihat membeludaknya penumpang di dalam kapal. Pasalnya, ditengah kepadatan penumpang di dalam kapal, calo terlihat tetap memasukkan penumpang yang tidak melakukan pembelian tiket melalui loket di pelabuhan.

Selain itu, seorang penumpang dari Malaysia yang hendak mudik ke Kota Raha, Nazri, sempat marah dan meminta kepada awak kapal untuk membantu dirinya bersama istri dan kedua anaknya untuk keluar dari dalam kapal.

Pasalnya, ia mengaku sebelumnya telah membayar uang kepada calo sebesar Rp400.000 agar mendapat kursi di dalam kapal, namun dirinya tak dapat tempat duduk.

Baca Juga: JLP Sultra Duga Oknum PT Antam Bersekongkol dengan Penambang Liar di Blok Marombo Konawe Utara

"Anakku sesak nafas ini, orang banyak sekali tapi tetap dikasi masuk terus. Bukan binatang kita ini ditumpuk-tumpuk seperti ini di dalam," ujar Nazri saat marah.

Halaman:

Editor: Luthfi Badiul Oktaviya

Tags

Terkini

Agussalim Pimpin DPD PJI Sultra

Selasa, 27 September 2022 | 08:17 WIB

Terpopuler

X